Sudah berlangganan artikel blog Keperawatan Kesehatan via RSS Feed?

Sunday, November 30, 2008

Makanan Seimbang

Pemberian makanan seimbang yang sebaik-baiknya harus memperhatikan kemampuan tubuh seseorang mencerna makanan, umur, jenis kelamin, jenis aktivitas, dan kondisi lain seperti sakit, hamil, menyusui.

Untuk hidup dan meningkatkan kualitas hidup, setiap orang memerlukanmakanan seimbang yang terdiri 5 kelompok zat gizi (karbohidrat , protein, lemak, vitamin dan mineral) dalam jumlah cukup, tidak berlebihan dan tidak juga kekurangan. Di samping itu, manusia memerlukan air dan serat untuk memperlancar berbagai proses faali dalam tubuh. Apabila kelompok zat gizi tersebut diuraikan lebih rinci, maka terdapat lebih dari 45 jenis zat gizi.

Apabila konsumsi makanan sehari-hari kurang beranekaragam, maka akan timbul ketidakseimbangan antara masukan dan kebutuhan zat gizi yang diperlukan untuk hidup sehat dan produktif. Dengan mengonsumsi makanan sehari-hari yang beranekaragam, kekurangan zat gizi pada jenis makanan yang satu akan dilengkapi oleh keunggulan susunan zat gizi jenis makanan lain, sehingga diperoleh masukan zat gizi yang adekuat dari makanan seimbang

12 PESAN DASAR GIZI MAKANAN SEIMBANG

  1. MAKANLAH ANEKA RAGAM MAKANAN
  2. MAKANLAH MAKANAN UNTUK MEMENUHI KECUKUPAN ENERGI
  3. PILIHLAH MAKANAN BERKADAR LEMAK SEDANG DAN RENDAH LEMAK JENUH
  4. GUNAKAN GARAM BERYODIUM
  5. MAKANLAH MAKANAN SUMBER ZAT BESI
  6. BERIKAN ASI SAJA PADA BAYI SAMPAI UMUR 6 BULAN DAN TAMBAHKAN MP-ASI SESUDAHNYA
  7. BIASAKAN MAKAN PAGI
  8. MINUMLAH AIR BERSIH, AMAN YANG CUKUP JUMLAHNYA
  9. LAKUKAN AKTIVITAS FISIK DAN SECARA TERATUR
  10. HINDARI MINUM MINUMAN BERALKOHOL
  11. MAKANLAH MAKANAN YANG AMAN BAGI KESEHATAN
  12. BACALAH LABEL PADA MAKANAN YANG DIKEMAS

0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 

Artikel Terbaru

Comment Terbaru