Sudah berlangganan artikel blog Keperawatan Kesehatan via RSS Feed?

Thursday, June 4, 2009

Seminar Keperawatan Kesehatan Jiwa Komunitas CMHN

Seminar Keperawatan Kesehatan Jiwa Komunitas/Community Mental Health Nursing (CMH) RS Grhasia Propinsi DIY Sabtu 20 Juni 2009
Logo Rumah sakit Grhasia

LATAR BELAKANG
Kesehatan jiwa masyarakat telah menjadi bagian dari masalah kesehatan masyarakat di Indonesia. Berbagai masalah multi-dimensional yang masih dan akan terus dihadapi masyarakat menyangkut masalah ekonomi, bencana alam, wabah penyakit merupakan factor pencetus terjadinya masalah pada kesehatan jiwa masyarakat Indonesia. Masalah kesehatan jiwa di masyarakat dampaknya sangat luas dan kompleks. Meskipun secara tidak langsung menyebabkan kematian, namun akan mengakibatkan si penderita gangguan jiwa menjadi tidak produktif dan menimbulkan beban bagi keluarga dan lingkungan masyarakat di sekitarnya.
Pelayanan keperawatan jiwa selama ini berfokus pada pelayanan di rumah sakit, dimana pelayanan tersebut dapat dikatakan bersifat pasif yaitu menunggu masyarakat yang datang ke rumah sakit. Pelayanan berbasis rumah sakit tidak dapat menjangkau masyarakat yang sehat dan yang berisiko sehingga masyarakat menjadi rentan terhadap masalah/gangguan kesehatan jiwa.


Visi Rumah Sakit Grhasia adalah “ Menuju Rumah Sakit Unggulan Khusus Pelayanan Psikiatri dan Napza di Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah Pada Tahun 2008”. Salah satu upaya untuk mencapai visi tersebut adalah mewujudkan peningkatan pelayanan kesehatan jiwa melalui Tri Upaya Bina Jiwa yang bermutu, meliputi promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif. Sejalan dengan paradigma sehat yang dicanangkan Departemen Kesehatan yang lebih menekankan upaya proaktif dan berorientasi pada upaya pencegahan (preventif) dan promotif maka penanganan masalah kesehatan jiwa telah tergeser dari hospital base menjadi community base psychiatric services. Melalui pelaksanaan program-program yang dimiliki unit kesehatan jiwa masyarakat, RS Grhasia telah turut berkontribusi dalam mewujudkan pelayanan kesehatan jiwa berbasis komunitas.
Pelayanan kesehatan jiwa berbasis komunitas merupakan strategi yang terbaik untuk dapat mencapai masyarakat yang sehat tetap sehat, yang berisiko dapat dicegah agar tidak terjadi gangguan, dan yang mengalami gangguan menjadi sembuh dan produktif kembali.
Perawat yang bertugas di rumah sakit jiwa merupakan sumber daya kesehatan yang vital karena sangat berperan dalam upaya peningkatan mutu kesehatan jiwa masyarakat. Namun untuk bisa memberikan pelayanan yang dapat dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat perlu adanya kerjasama lintas sektoral termasuk melibatkan peran serta masyarakat itu sendiri karena sumber daya masyarakat merupakan aspek yang paling vital untuk melaksanakan pelayanan kesehatan jiwa masyarakat.
Agar perawat dapat berperan secara optimal dalam pelayanan keperawatan kesehatan jiwa komunitas ini, diperlukan pengetahuan dasar tentang konsep keperawatan kesehatan jiwa komunitas. Untuk itu PPNI komisariat RS Grhasia akan menyelenggarakan seminar sehari dengan tema : 
"Keperawatan Kesehatan Jiwa Komunitas".


TUJUAN
1. Umum
Meningkatkan pengetahuan perawat tentang keperawatan kesehatan jiwa komunitas.
2. Khusus
a. Memahami konsep keperawatan kesehatan jiwa komunitas.
b. Memahami pengorganisasian sumber daya kesehatan
c. Memahami pengorganisasian sumber daya masyarakat


JUMLAH PESERTA
Peserta seminar adalah perawat RS pemerintah/swasta, puskesmas, institusi pendidikan, mahasiswa keperawatan. Jumlah peserta Terbatas 100 orang


WAKTU DAN TEMPAT PENDAFTARAN
Pendaftaran dimulai tanggal 1 Juni 2009 sampai dengan Jumat 19 Juni 2009
Contact person pendaftaran :
  • Yunita 0274-6914346
  • Puji Hastuti 085228390165
  • Tyas 0274-6638005
WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
Seminar akan diselenggarakan pada :
Hari / tanggal: Sabtu / 20 Juni 2009
Jam : 08.30 – 13.00 WIB
Tempat : RS Grhasia Provinsi DIYJl. Kaliurang Km 17, Pakem, Sleman, Yogyakarta.

NARA SUMBER
Pembicara dalam seminar ini adalah :
1. Maryono Sedyowinarso, S.Kp. M.Kes
2. Puji Sutarjo, S.Kep. Ns
3. Akrim Wasniyati, S.Kep. Ns

0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 

Artikel Terbaru

Comment Terbaru